portal informasi 2022

Pengertian Email Adalah, Contoh, Manfaat Jenis Layanan Email Terbaik

Pengertian Email Adalah, Contoh, Manfaat Jenis Layanan Email Terbaik
Pengertian Email Adalah, Contoh, Manfaat Jenis Layanan Email Terbaik

Apa itu email? Pengertian email dalam bahasa Indonesia: email ialah abreviasi dari ‘surat elektronik’. Fungsinya menyerupai dengan surat, tetapi dikirim melalui internet ke penerima. Alamat email ditulis dengan nama pengguna khusus di awal, diikuti nama domain penyedia layanan email dengan tanda @ yang memisahkan keduanya.


contoh@email.com


99+ Contoh Alamat Email Unik yang Masih Bisa Digunakan 2019





Definisi


Email ialah sarana untuk mengirim dan mendapatkan pesan yang dipertukarkan antara dua pengguna melalui jaringan komunikasi atau internet. Pesan di email biasanya berisi teks, file, gambar, atau lampiran lain. Sebagian besar sistem email menyertakan editor untuk menulis pesan, mengedit, menyediakan pemformatan dasar, termasuk karakter tebal, miring, warna font, dan HTML.


Anda sanggup memakai email untuk mengirim pesan dengan memilih alamat email penerima. Pesan tersebut biasanya akan terkirim dalam waktu beberapa detik sesudah anda mengirimnya. Ini juga dipengeruhi besar file dan kecepatan saluran jaringan internet anda.


Komponen Dalam Email


Pengertian



  • Berbintang: Menandai sebagai penting.

  • Ditunda: Menunda email untuk dikirim nanti.

  • Penting: Pesan penting termasuk berbintang.

  • Terkirim: Pesan yang berhasil dikirim.

  • Kotak Keluar: Pesan yang gagal terkirim.

  • Draf: Pesan yang belum dikirim.

  • Semua Email: Semua pesan yang masuk ke email, termasuk Utama, Sosial Promosi.

  • Spam: Pesan yang terdeteksi sebagai spam.

  • Sampah: Pesan yang telah dihapus.


Email dikirimkan antara dua folder server khusus: pengirim dan penerima. Pengirim menyimpan, mengirim atau meneruskan pesan email. Sedangkan peserta membaca atau mengunduh email dengan mengakses server email.


Pesan email terdiri dari empat komponen, sebagai berikut:


Pengertian



  • Pengirim: Alamat email anda

  • Penerima: Alamat emal tujuan

  • Judul: Isi dari konten anda

  • Isi: Termasuk lampiran teks, gambar, dan file.


Pesan tersebut akan terkirim ke tujuan dalam waktu yang sangat cepat, tetapi juga dipengaruhi besarnya file dan kecepatan saluran internet, baik si pengirim atau si peserta email.


Manfaat Menggunakan Email


Pengertian


Email mempunyai fungsi yang sangat penting dalam hal komunikasi. Bayangkan kalau dahulu anda mengirim surat hingga berhari-hari untuk hingga ke alamat tujuan. Namun dengan email, surat anda akan hingga dengan cepat, murah dan efisien



  • Cepat: Penerima akan mendapatkan email anda segera sesudah mereka online dan mengumpulkan email mereka.

  • Aman: File anda akan tersimpan dalam email, siapapun tidak akan sanggup mengambilnya, kecuali seseorang mengetahui gosip login anda.

  • Biaya rendah: Foto, dokumen, dan file lainnya sanggup dilampirkan ke email, sehingga lebih banyak gosip sanggup dibagikan. Satu email sanggup dikirim ke lebih dari satu peserta sekaligus.


Untuk apa email digunakan?


1. Mengirim dan Menerima


Manfaat email yang paling umum ialah untuk mengirim dan mendapatkan email dari orang lain. Anda sanggup dengan gampang mengirimkan aneka macam jenis file dan dokumen digital dengan ukuran tertentu, baik itu foto, video, teks, dan lampiran lainnya.


2. Media Komunikasi


Komunikasi tidak hanya sanggup dilakukan memakai telepon saja, anda juga sanggup memakai email sebagai media komunikasi dari jarak yang tak terbatas di tambah dengan alat-alat lainnya yang tersedia pada sebagian besar fitur email.


3. Media Informasi


Dengan mengikuti beberapa saluran di aneka macam situs, secara otomatis saluran tersebut akan menawarkan gosip terbaru yang dimiliki oleh saluran tersebut. Mengikuti saluran pada email tidak hanya sanggup mengakses satu saluran saja, namun juga sanggup dipakai untuk mengakses beberapa saluran, sehingga banyak gosip yang didapatkan melalui email.


4. Media Promosi


Semua orang sanggup memanfaatkan email sebagai media pemasaran. Sebagian besar pebisnis online melaksanakan pemasaran melalui email untuk meningkatkan penjualan.


Pemasaran melalui email merupakan salah satu pemasaran online yang paling tua. Dan hingga ketika ini email marketing masih termasuk jenis pemasaran online yang sangat efektif.


5. Sosial Media


Dengan e-mail, anda sanggup menjalin relasi dengan teman atau orang lain. Baik memakai e-mail itu sendiri atau melalui jejaring sosial menyerupai Facebook, Twitter, Instagram dan sosial media lainnya.


Jenis Layanan Email


Pengertian


Email menawarkan catatan percakapan yang tidak anda miliki kalau berkomunikasi secara lisan. Sangat gampang untuk mencetak email untuk hard copy atau anda sanggup memakai ruang penyimpanan besar penyedia email untuk menjaga semuanya tetap aman.


Dibawah ini ialah beberapa layanan email gratis yang sanggup anda manfaatkan:



  • Google Mail: contoh@gmail.com

  • Yahoo Mail: contoh@yahoo.com

  • Outlook Mail: contoh@outlook.com

  • Aol Mail: contoh@aol.com

  • Mail.com: contoh@mail.com

  • Gmx Mail: contoh@gmx.com


Kesimpulan


Kecepatan pengiriman dan penerimaan email merupakan manfaat besar bagi kebanyakan orang. Orang-orang sanggup berkomunikasi dalam hitungan menit atau detik dari mana saja memakai email.


Email dalam beberapa hal lebih cepat daripada menciptakan panggilan telepon, di mana anda mungkin ditahan untuk waktu yang usang atau dipaksa untuk terlibat dalam percakapan yang panjang. Dengan email, anda tidak perlu menciptakan percakapan yang panjang, anda hanya perlu melampirkan konten yang berdasarkan anda penting.


Advertisement

Iklan Sidebar