portal informasi 2022

Panduan Bermain Gitar Untuk Pemula +Tips Supaya Cepat Mahir

Panduan Bermain Gitar Untuk Pemula +Tips Supaya Cepat Mahir
Panduan Bermain Gitar Untuk Pemula +Tips Supaya Cepat Mahir

Apakah bisa seseorang mahir bermain gitar tanpa sekolah musik? Jawabannya tentu saja bisa. Beberapa musisi gitaris dunia ibarat Slash, James hetfield, Eric clapton mengklaim dirinya tak pernah sekolah musik, bahkan mereka mengaku tak bisa membaca notasi musik.


Lantas kiat apa saja yang sanggup membantu kita dalam berlatih? apakah hanya dengan melatih penempatan jari tangan nantinya kita bisa mahir dan hafal dengan sendirinya?


Tentu saja tidak.


Dalam memainkan alat musik gitar ada beberapa tahapan yang harus dipelajari, dimulai dari mengenal kunci, menekan frets, memetik senar, menyetem gitar, berguru lagu hingga mempertajam insting biar bisa mengimprovisasi sebuah nada.


Hal ini harus dipelajari dengan sungguh-sungguh, bulatkan tekad, yakinkan bahwa diri kita bisa memainkan alat musik gitar hingga mahir.


Apakah anda siap berguru bermain gitar? Siap mendapatkan resiko apapun yang terjadi dengan jari anda?


Mari kita mulai..




Cara Bermain Gitar Untuk Pemula


Agar sanggup memainkan gitar dengan ahli, terlebih dahulu tentunya kita harus paham kuncinya. Jika sudah menguasai kunci-kunci dasar ini, maka akan lebih gampang bagi kita untuk memainkannya.


Pengenalan ihwal kunci sekaligus akan menjadi hal pertama yang dipelajari dalam memainkan alat musik petik ini.


1. Mengenal Nada Dasar


Gitar pada umumnya mempunyai 6 senar atau dawai, baik pada gitar akustik maupun elektrik. Masing-masing senar sanggup menghasilkan nada yang berbeda. Khusus untuk senar paling bawah dan paling atas menghasilkan nada dasar yang sama, namun mempunyai irama yang berbeda.


Berikut masing-masing nada pada senar gitar:





























SenarNada
Senar 1 (Paling bawah)E
Senar 2B
Senar 3G
Senar 4D
Senar 5A
Senar 6 (Paling atas)E


Kunci dasar pada gitar dibagi menjadi 2, yaitu Mayor (major) dan Minor. Mayor sanggup menghasilkan nada tinggi, sedangkan minor menghasilkan nada rendah.


Seorang musisi reggae biasanya lebih sering memakai nada mayor pada setiap lagunya. Nada mayor dianggap bisa menghasilkan irama rancak, santai bagi penikmatnya.


Berbeda dengan musisi pop yang lebih mayoritas memakai nada minor lantaran sanggup menghasilkan irama yang menyentuh serta memperlihatkan suasana gundah bagi pendengarnya.


Bagi pemula yang gres berguru tentu harus menguasai semua chord-chord dasar pada gitar, baik itu mayor maupun minor. Dengan menguasai semua nada dasar, maka akan lebih gampang dalam menyebarkan serta mengenal jenis-jenis nada lainnya.


Berikut ini ialah panduan lengkap berguru kunci dasar gitar yang disertai video tutorial.


2. Belajar Kunci Dasar


12 Aplikasi Terbaik Untuk Belajar Kunci-Kunci Gitar


Kumpulan Kunci-Kunci Gitar Lengkap


Untuk kunci gitar lebih lengkap, silahkan anda masuk ke halaman dibawah ini.


14 Gambar Kunci Gitar Chord Lagu Untuk Belajar Bermain Gitar!



Kunci Dasar A


Apakah


Gambar diatas ialah ilustrasi kunci gitar A Mayor. Untuk penempatan posisi jari yang benar, anda bisa melihat gambar dibawah ini.


Apakah


Kunci Dasar Am


ApakahGambar diatas ialah ilustrasi kunci gitar A Minor. Untuk penempatan posisi jari yang benar, anda bisa melihat gambar dibawah ini.


Apakah


Kunci Dasar B


ApakahGambar diatas ialah ilustrasi kunci gitar B Mayor. Untuk penempatan posisi jari yang benar, anda bisa melihat gambar dibawah ini.


Apakah


Kunci Dasar C


ApakahGambar diatas ialah ilustrasi kunci gitar C Mayor. Untuk penempatan posisi jari yang benar, anda bisa melihat gambar dibawah ini.


Apakah


Kunci Dasar D


ApakahGambar diatas ialah ilustrasi kunci gitar D Mayor. Untuk penempatan posisi jari yang benar, anda bisa melihat gambar dibawah ini.


Apakah


Kunci Dasar Dm


ApakahGambar diatas ialah ilustrasi kunci gitar D Minor. Untuk penempatan posisi jari yang benar, anda bisa melihat gambar dibawah ini.


Apakah


Kunci Dasar E


ApakahGambar diatas ialah ilustrasi kunci gitar E Mayor. Untuk penempatan posisi jari yang benar, anda bisa melihat gambar dibawah ini.


Apakah


Kunci Dasar Em


ApakahGambar diatas ialah ilustrasi kunci gitar E Minor. Untuk penempatan posisi jari yang benar, anda bisa melihat gambar dibawah ini.


Apakah


Kunci Dasar F


ApakahGambar diatas ialah ilustrasi kunci gitar F Mayor. Untuk penempatan posisi jari yang benar, anda bisa melihat gambar dibawah ini.


Apakah


Kunci Dasar G


ApakahGambar diatas ialah ilustrasi kunci gitar G Mayor. Untuk penempatan posisi jari yang benar, anda bisa melihat gambar dibawah ini.


Apakah


Dalam permainan gitar terdapat aneka macam jenis kunci lainnya yang nanti bisa anda pelajari. Diantaranya ialah nada # kres, nada mol, nada sus, nada 7, nada sus 7 dan lain-lain. Itu semua merupakan pengembangan dari nada dasar yang terdiri dari nada C-D-E-F-G-A-B-C yang merupakan tangga nada standar atau solmisasi.


3. Belajar Memegang Gitar


Memegang gitar dengan cara yang tepat akan membantu melatih keterampilan seseorang dalam memainkan lagu maupun melatih teknik gitar lainnya. Untuk bermain gitar, anda bisa memulainya dengan mengambil posisi yang nyaman.


Agar lebih gampang dalam proses belajar, anda sanggup menonton video di bawah ini.



Terdapat dua versi untuk cara memegang gitar. Ada yang meletakkan gitar diatas paha kanan, dan ada juga yang dikiri. Semuanya ialah benar, tergantung bagaimana anda gampang memainkannya.


Instruksi :


1. Ambil Gitar

Pastikan anda berada dalam posisi yang nyaman. Anda sanggup duduk di kursi ataupun bangku. Angkat sedikit kaki kanan atau kari kemudian letakkan gitar di atas paha. Pastikan body gitar tidak terlalu jauh dan tidak pula terlalu rapat dengan badan.


2. Pegang Neck (Leher) Gitar

Cara memegang neck gitar yang benar ialah tidak “menggenggam”. Posisikan ibu jari anda untuk menahan gitar dibagian leher yang melengkung, sedangkan keempat jari lainnya berada di bab fret untuk menekan senar.


3. Mainkan Gitar

Sekarang anda bisa mencoba memainkan gitar dengan kunci-kunci yang sudah anda hafal. Jika merasa nyaman, artinya anda sudah berada dalam posisi yang tepat.


4. Belajar Memetik Gitar



Video di atas mengajarkan kita bagaimana cara menggesek gitar yang baik dan benar. Hal ini harus dipelajari secara rutin biar terbiasa memainkannya.


Seperti kata pepatah “apa yang kau tanam, itu yang kau petik”.


5. Belajar Menyetem Gitar


Seorang musisi tidak akan bisa mengimprovisasi sebuah nada kalau belum mengetahui dan menguasai cara menyetem Gitar manual. Oleh alasannya ialah itu, mempelajari cara stem gitar manual (tanpa alat) sangat disarankan, selain sanggup mempertajam insting, juga sanggup memberi fasilitas tersendiri bagi pemainnya.


Menyetem gitar secara manual bisa dimulai dari menghafal nama setiap senar, dimulai dari senar 1 paling kecil (paling bawah) hingga senar 6 paling besar (paling atas). Urutannya yaitu, E, B, G, D, A, dan E.



Terdapat beberapa metode yang bisa dipakai untuk menyetem gitar. Di antaranya:



  • Menyetem gitar secara manual

  • Menyetem gitar dengan tuning standar

  • Menyetem gitar dengan tuner (efek gitar atau aplikasi tuner di android)

  • Menyetem gitar dengan musik instrumen

  • Menyetem gitar dengan teknik harmonik


Bagi pemula yang gres berguru tentu tidak harus menguasai semuanya. Cara stem gitar paling gampang bisa memakai imbas gitar atau aplikasi tuner di android.


12 Aplikasi Stem Gitar Terbaik, Paling Lengkap (100% Akurat)



6. Belajar Memainkan Lagu



Belajar gitar dengan lagu terbukti sanggup mempercepat pemula dalam memainkan alat musik gitar. Hal ini juga termasuk mempercepat proses latihan, baik melatih kekuatan tangan maupun melatih kecepatan memindahkan kunci.


Kumpulan Chord Lagu Mudah


Anda sanggup menentukan satu lagu paling gampang dengan chord-chord gitar yang simple. Pelajari satu lagu tersebut hingga anda benar-benar sanggup memainkannya dengan lancar. Pastikan anda tidak berpindah ke lagu lain apabila lagu tersebut belum bisa anda kuasai.


34 Chord Lagu Hits Indonesia Paling Praktis Untuk Pemula +MP3



Cara Aman Bermain Gitar


1. Gunakan Pelindung Jari


Apakah


Kini ada pelindung jari yang terbuat dari silikon. Pelindung jari ini tentunya sangat cocok bagi pemula yang sedang mempelajari teknik memainkan gitar, Anti Slip, Anti Sakit dan tidak mengurangi kemampuan jari untuk memetik Senar gitar.


2. Gunakan Pick Gitar


Agar bunyi yang dihasilkan gitar terdengar lebih mantap, anda sanggup memakai “Pick” untuk bermain gitar. Pick atau plektrum ialah benda kecil, tipis terbuat dari plastik dengan bentuk segita sama kaki. Dua sudutnya dibentuk sama bulat, sedang satu sudut dibentuk sedikit runcing.


Penggunaan Pick ini sangat disarankan bagi pemain gitar khususnya pemain melody biar bunyi yang dihasilkan lebih higienis dan lebih nyaring.


Berikut cara memakai pick gitar:



Tips Cepat Mahir Bermain Gitar



Menjadi andal dalam bermain gitar memang tidak sanggup dilakukan secara instan, butuh proses yang panjang bagi pemula untuk menguasainya. Namun kalau hanya mengenal chord-chord dasar mungkin sanggup dikuasai hanya dalam sehari saja.


Untuk mengenal gitar lebih dalam, dibawah ini sudah kami siapkan hal apa saja yang harus dipelajari seorang pemula biar cepat mengusai permainan gitar.


1. Latihan Secara Rutin


Berlatih secara rutin tidak mesti dilakukan setiap jam atau setiap waktu, kau sanggup mengatur jadwal kapan kau harus berlatih, kapan kau beristirahat, kapan kau jalan-jalan dll.


Kamu juga sanggup memanfaatkan waktu senggang dimana prosesi latihan bisa dilanjutkan asalkan tidak mengganggu acara lain.


Dibuat santai akan lebih baik dan tidak membosankan.


Berikut ini ialah tips-tips berguru gitar biar kau semakin cerdik dalam memainkannya.


Latih Kekuatan Jari


Apakah


Gunakan ujung jari kau untuk menekan senar, pastikan kau menekan senar dengan tepat sesuai kunci. Ini merupakan cara terbaik biar bunyi yang di hasilkan gitar terdengar sempurna.


Teknik Melatih Kekuatan Jari:


1. Berlatih menekan satu senar dengan satu ujung jari

Tekan salah satu senar dengan ujung jari telunjuk. Petik senar yang ditekan hingga berbunyi sempurna. Lakukan hal ini selama 5 menit sambil memindah posisi ujung jari telunjuk pada fret-fret gitar, bisa maju atau mundur. Setelah itu ganti dengan jari yang lain dengan cara yang sama.


2. Berlatih menekan dan melepas senar

Berlatih dengan cara menekan dan melepas senar secara berulang-ulang dengan salah satu ujung jari, kemudian ganti dengan jari yang lain, setiap jari dilatih selama 5 menit.


3. Berlatih melaksanakan standing chord

Berlatih dengan melaksanakan standing chord (Pointing Chord, dan Grapping Chord) sambil menekannya dan membunyikannya hingga berbunyi nyaring minimal berbunyi hingga 2 detik setiap standing chord.


4. Berlatih menekan ke 6 senar

Latihlah jari telunjuk dengan cara menekan ke-6 senar pada gitar. Lakukan hal ini dengan cara berpindah-pindah fret sambil dipetik atau di genjreng hingga bunyi yang keluar terdengar sempurna. Latihlah selama 5 menit.


Latih Memori Jari


Saat kau telah membiasakan jari-jari dengan chord dasar gitar, cobalah berlatih memainkan gitar tanpa melihat senar sama sekali. Gunakan insting, dimana letak chord A, chord B, C, D, E, F, G hanya dengan suaranya.


Cobalah untuk berkonsentrasi, bila perlu mainkan lagu pavoritmu hingga pada ujungnya kau sanggup memainkan lagu tersebut tanpa melihat senarnya. Mainkan semampunya dan jangan menyerah.


Bangun Kekuatan Fret


Apakah


Melatih kekuatan fret tangan bisa dilakukan dengan aneka macam objek. Bisa dengan meremas bola karet, buah jeruk, spons atau memakai alat khusus. Hal tersebut dilakukan biar tangan kau tidak kaku ketika bermain gitar.


2. Perbanyak Informasi Dari Buku atau Internet


Internet merupakan sumbernya ilmu. Segala hal yang kita butuhkan sanggup kita temukan cukup dengan browsing di internet. Dengan fasilitas ini kau sanggup memanfaatkan layanan internet untuk mencari acuan berguru gitar secara otodidak.


Sama halnya dengan buku, pilihlah buku yang memang dibentuk oleh musisi gitar, alasannya ialah mereka akan mengetehaui bagaimana usaha mempelajari gitar ketika mereka masih pemula.


3. Perbanyak Koleksi Lagu-Lagu


Agar cepat mahir dalam bermain gitar, kau sanggup memperbanyak koleksi lagu-lagu yang kau sukai dengan penggunaan akord yang mudah.


Dengan mempunyai banyak koleksi lagu, maka proses berguru gitar menjadi tidak membosankan.


14 Chord Lagu Hits Iwan Fals Terpopuler Sepanjang Waktu +MP3



4. Cari Teman atau Musisi Pemain Gitar


Salah satu trik untuk mempercepat proses berguru gitar ialah berteman dengan musisi pemain gitar yang profesional. Dengan berkumpul atau ngopi bareng dengan mereka maka secara otomatis kita akan membahas dilema gitar.


Dari situ kau bisa menambah wawasan, sharing ihwal hal-hal apa saja yang perlu dipelajari seorang pemula biar bisa menguasai permainan gitar dengan handal.


5. Dapatkan Pelatihan Khusus


Apakah


Agar sanggup memainkan gitar dengan sempurna, kau bisa meminta sobat untuk mengajarkan, atau bisa melalui les gitar secara khusus. Dengan begitu, kau akan semakin cerdik dalam bermain gitar, juga sanggup mempunyai banyak skil baru.


6. Tetap konsisten


Percayalah, bahwa suatu ketika nanti kau bisa memainkan gitar dengan ahli. Ingat! bagaimana perasaan teman-teman atau pasanganmu ketika mendengarkan petikan gitar darimu.


Dulu mereka menganggap kau masih pemula tetapi sekarang sudah menjadi mahir. Tentu mereka akan merasa heran dan terkesima.


Maka dari itu teruslah berlatih. Jangan berhenti lantaran itu ialah time yang sangat tepat untuk memperlihatkan kepada teman-teman dan pasanganmu ihwal bagaimana cara bermain gitar.


Advertisement

Iklan Sidebar