portal informasi 2022

Cara Gampang Screenshot (Mengambil Gambar) Di Hp Laptop

Cara Gampang Screenshot (Mengambil Gambar) Di Hp Laptop
Cara Gampang Screenshot (Mengambil Gambar) Di Hp Laptop

Tangkapan layar ialah gambar yang diambil dari apa pun yang ada di layar anda, ini merupakan cara yang simpel untuk menyebarkan semua hal. Termasuk membagikan sesuatu yang pernah anda lihat online, atau mungkin komputer anda mengalami gangguan dan ingin mengatakan pertolongan teknis apa yang anda lihat.


Ada banyak cara berbeda untuk menangkap layar di Android atau PC, semua tergantung jenis dan perangkat yang anda gunakan. Dalam panduan ini saya akan mengatakan kepada anda beberapa metode termudah untuk menangkap layar dan menyimpannya sebagai gambar PNG atau JPG.


Inilah beberapa metode untuk menangkap layar di Android dan PC.




Cara Screenshot di Android


Mungkin anda suka?


11 Aplikasi Perekam Layar Terbaik, Paling Populer di Android



1. Menggunakan Tombol


Cara paling umum untuk menangkap layar di Android, baik itu Samsung, Asus, Oppo, Vivo, Xiaomi, Advan dan smartphone lainnya ialah dengan menekan tombol Power dan Volume Down.


​Lihat cara penerapannya dibawah ini.​​


Tangkapan



  • Pertama, cari objek yang ingin di screenshot.

  • Selanjutnya tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan.

  • Tunggu sampai layar berkedip dengan bunyi khas menyerupai sedang memotret.

  • Hasil tangkapan layar akan pribadi tersimpan ke Galeri.


⚠️ Screenshot tidak sanggup dilakukan saat anda memakai mode penyamaran (incognito) di web browser.


Selain dengan menekan tombol fisik, ada banyak cara lain yang bisa anda gunakan untuk menangkap layar di smartphone Android. Seperti “swiping gesture” yaitu dengan meletakkan tangan anda dalam posisi “karate chopping” di sebelah sisi layar dan perlahan menggesernya ke sisi sebelahnya.


Namun metode ini hanya sanggup dilakukan pada ponsel keluaran terbaru saja, menyerupai Samsung seri S dan J. atau Vivo V9 dan beberapa seri lainnya.


Lihat video dibawah ini untuk lebih jelasnya.



2. Menggunakan Aplikasi


Cara kedua anda bisa memakai aplikasi untuk screenshot di Android. Ini juga termasuk cara yang gampang untuk menangkap layar tanpa perlu menekan tombol. Ada banyak aplikasi yang bisa anda gunakan, salah satunya yang terbaik berdasarkan kami ialah Screen Master.


Kami sudah melewati banyak aplikasi screenshot di Android, namun tidak satupun aplikasi yang sanggup menyimpan hasil tangkapan layar ke galeri handphone. Mereka juga bekerja untuk mengembangkan aplikasi, jadi semua hasil tangkapan layar anda akan masuk dan berada di aplikasi itu sendiri.


Tapi damai saja, dalam aplikasi Screen Master anda bisa melaksanakan banyak hal, termasuk mengedit, memotong, mewarnai, menambahkan teks, stiker dan beberapa imbas lainnya.


Dalam aplikasi ini anda juga sanggup membagikan atau mengirim hasil tangkapan layar anda, baik itu melalui bluetooth, email, Facebook, WhatsApp, Messenger dan beberapa media lainnya.


Cara memakai Screen Master sangat mudah, anda sanggup melihat dan mengikuti panduan dibawah ini.



Tangkapan



  • Pada tampilan awal, ketuk Aktifkan screen capture maka akan muncul ikon kecil di sisi layar.

  • Sekarang anda sanggup menutup aplikasi, kemudian cari objek yang ingin anda screenshot.

  • Tekan ikon kecil tersebut untuk menangkap objek anda. Jika sudah, klik Simpan.


Untuk melihat hasilnya, anda cukup membuka aplikasi kemudian masuk ke hidangan Tangkapan layar. Disana anda sanggup mengedit, menghapus dan membagikan file.


Dalam aplikasi ini anda sanggup mengatur proses pengambilan gambar. Ada 2 cara yang bisa anda gunakan, yaitu mengaktifkan Tombol mengambang atau Menggoyangkan ponsel anda.


Cara Screenshot di Laptop


Mengambil gambar tangkapan layar di laptop juga tidaklah sulit, bahkan bisa jauh lebih gampang jikalau anda tau caranya. Dalam panduan ini saya akan mengatakan dua cara screenshot paling umum dan juga paling gampang di jalankan.


1. Menggunakan Keyboard


Tombol Print Screen pada keyboard komputer sanggup mengambil tangkapan layar dan menyimpannya sebagai file. Tombol layar ini biasanya diberi label “PrtScn”, “PrntScrn”, “Print Scr”, atau yang serupa.


Pada sebagian besar keyboard, tombol ini biasanya ditemukan antara F12 dan Pause Break. Dengan tombol ini memungkinkan anda sanggup mengambil seluruh objek atau halaman yang ingin anda screenshot dan menyimpannya sebagai format JPEG, PNG, GIF, dan beberapa format lainnya.


Cara penerapannya sangat mudah, anda sanggup melihat dan mengikuti panduan di bawah ini.



  • Pertama, cari objek atau halaman yang ingin di screenshot.


Tangkapan



  • Selanjutnya tekan tombol Print Screen (PrtSc) pada keyboard.

  • Buka aplikasi Paint di komputer anda, kemudian klik tombol Paste.


Tangkapan



  • Sekarang anda sanggup mengedit gambar tersebut sesuai yang anda inginkan. Jika sudah, klik Simpan.


Tangkapan


⚠️ Jika anda resah mencari aplikasi Paint, anda sanggup mencarinya memakai tombol Search di komputer. Aplikasi ini biasanya sudah tersedia di semua versi Windows, tetapi tampilannya mungkin agak berbeda tergantung jenis Windows yang anda gunakan.


2. Menggunakan Aplikasi


Jika ingin cara yang lebih simple namun efektif untuk mengambil tangkapan layar, anda bisa memakai aplikasi berjulukan Snipping Tool. Ini ialah aplikasi screenshot paling terkenal dan paling gampang menggunakannya.


Dengan Snipping tool anda sanggup mengambil tangkapan layar, baik itu seluruh halaman atau objek tertentu saja. Cara penerapannya juga sangat mudah, saat anda sudah menginstalnya, cukup tekan tombol New lalu arahkan kursor mouse anda untuk mengambil objek.


Tangkapan


Snipping tool ialah aplikasi yang ringan dan sanggup bekerja dengan baik di hampir semua platform Windows, termasuk XP, Vista, win7, 8, 9, 10. Proses memakai juga sama dengan apa yang kami terangkan dalam artikel ini.


Kesimpulan


Jadi, mengambil tangkapan layar di hp dan laptop sangat mudah? Tentu saja, selama ada cara yang gampang kenapa harus dibentuk sulit. Kami akan terus berusaha menciptakan tutorial yang gampang selama kami bisa melakukannya.


Jadi kunjungi terus halaman kami untuk menerima gosip terbaru yang tentunya bermanfaat untuk anda. Sekian..


Advertisement

Iklan Sidebar